Mengenal Makanan Dengan Manfaat Vitamin B Tinggi Bagi Anak

Mengenal Makanan Dengan Manfaat Vitamin B Tinggi Bagi Anak

Vitamin B selama ini dikenal mampu mengatur nafsu makan serta proses metabolisme khususnya pada anak. Oleh sebab itu, mengingat manfaat vitamin B yang cukup penting mak tidak heran jika banyak orang tua yang khawatir jika buah hati mereka kekurangan zat tersebut.

Bahkan, ada yang sampai memberikan tambahan suplemen untuk mereka agar mereka tetap sehat. Padahal, perlu diketahui jika selama ini makanan dan minuman yang dikonsumsi merupakan sumber utama vitamin serta mineral bagi tubuh.

Apa saja Makanan Sumber Vitamin B?

Meski suplemen sebenarnya juga tidak berbahaya bagi tubuh namun harganya yang kadang sangat mahal membuat Anda sebaiknya lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Agar lebih hemat ada baiknya untuk memilih sumber vitamin alami dari makan segar yang dikonsumsi sehari-hari.

Lalu, apa saja makanan yang dikenal memiliki kandungan vitamin B yang tinggi sehingga bagus diberikan untuk anak? Berikut adalah penjelasannya.

  1. Ikan dan kacang-kacangan

Kedua bahan makanan ini diketahui memiliki kandungan vitamin B1 atau tiamin yang tinggi. Tiamin sendiri dikenal memiliki peranan penting dalam mengubah glukosa menjadi energi. Tidak hanya itu, zat ini juga dipercaya berperan dalam perkembangan berbagai organ penting seperti jantung dan otak.

Khusus untuk Si kecil, zat ini bisa melindungi sistem saraf dari berbagai kerusakan. Oleh sebab itu, mengingat pentingnya fungsi tiamin maka menurut beberapa penelitian anak sebaiknya disarankan mengkonsumsinya setiap hari sebanyak 1-2 mg.

  1. Produk-produk hewani

Sumber protein hewani seperti daging, telur, bahkan susu merupakan sumber vitamin B2 (riboflavin) yang paling baik untuk anak. Diketahui zat ini berguna dalam proses pemecahan protein, karbohidrat, dan juga lemak sehingga mampu memaksimalkan kinerja oksigen.

Selain itu, zat ini diketahui juga berguna bagi kesehatan kulit, saraf serta mata mereka. Menurut beberapa ahli, mereka disarankan untuk mengonsumsi zat ini secara rutin sebanyak 0,5-1 mg setiap hari.

  1. Daging-dagingan

Daging hewan dikenal kaya akan vitamin B3 (Niasin) yang mampu mengubah berbagai makanan menjadi energi. Sedangkan bagi Si kecil, senyawa niasin ini diketahui juga mampu menjaga sistem saraf, menjaga kesehatan kulit serta menjaga metabolisme tubuh.

Zat ini bisa dikatakan berbeda dengan vitamin B kompleks lainnya. Jika yang lain tidak tahan terhadap suhu panas maka zat ini tahan terhadap suhu lumayan tinggi.

Menurut penelitian, mereka sebaiknya mengonsumsi niasin sebanyak 2-16 mg tiap hari. Dengan begitu mereka akan mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

  1. Sayur dan buah-buahan

Meski didominasi oleh tanaman namun perlu diketahui juga jika hati dan ikan juga kaya akan vitamin B6 alias piridoksin. Zat ini diketahui berperan penting dalam pembentukan sel darah merah sekaligus menjaga sistem pencernaan tubuh.

Berikut merupakan sedikit info mengenai sumber makanan serta manfaat vitamin B terhadap anak. Perlu diingat jika khusus untuk anak-anak sebaiknya Anda ara orang tua lebih memilih menghidangkan makanan sehat dengan kandungan nutrisi seimbang dibandingkan dengan makanan cepat saji atau instan.